Film otobiografi Shia LaBeouf disambut meriah di Sundance

Film otobiografi Shia LaBeouf disambut meriah di Sundance

Jakarta (ANTARA News) – Film otobiografi memoar Shia LaBeouf yang berjudul “Honey Boy” disambut meriah di Festival Film Sundance.

Film yang ditayangkan di Eccles Theater pada Jumat (25/1) itu mendapatkan “standing ovation” dari para hadirin.

Film berlatarbelakangkan tahun 2000-an saat sang bintang Disney itu sedang tenar-tenarnya.

Film menelusuri ketegangan hubungan LaBeouf dengan ayahnya yang alkoholik. Ayah LaBeouf diperankan oleh dirinya sendiri. Sementara itu, karakter yang berdasarkan LaBeof digambarkan bernama Otis Lort, diperankan oleh Noah Jupe sebagai remaja dan Lucas Hedges sebagai orang dewasa.

LaBeouf menulis skenario pertama film itu  di rehabilitasi beberapa tahun yang lalu. “Sungguh aneh untuk ‘mengkeramatkan’ rasa sakitmu dan membuat produk dari rasa sakit itu,” kata LaBeouf dari panggung Eccles.

“Dan kamu merasa bersalah tentang itu. Rasanya sangat egois. Semua ini terasa sangat egois. Saya tidak pernah berpikir seperti ini, ‘Oh, biarkan saya membantu orang.’ Itu bukan tujuan saya. Saya hancur berantakan.”

Dia lalu mengirim naskah yag ditulis itu kepada temannya, pembuat film dokumenter Alma Har’el, yang memutuskan untuk menjadikan “Honey Boy” fitur naratif pertamanya.

“Awalnya, ini ditulis sebagai film linier,” kata Har’el. “Itu dimulai dengan Otis muda.”

Dia menyarankan menyandingkan adegan masa lalu dengan masa kini, untuk menyampaikan rasa sakit yang Otis masih tangani sebagai orang dewasa yang tumbuh dengan ayah yang alkoholik.

LaBeouf dan ayahnya, Jeffrey Craig LaBeouf, tak berhubungan selama bertahun-tahun. Tetapi pada sesi tanya jawab, sang aktor mengungkapkan bahwa mereka telah terhubung kembali. “Sebelum ini, saya dan ayah saya belum berbicara dalam enam, tujuh tahun,” kata LaBeouf. “Kita bicara sekarang.”

“Honey Boy,” yang mencari distribusi di Sundance, bisa menjadi salah satu prospek yang lebih komersial dari festival tahun ini. Adegan pembuka diatur pada film aksi (LaBeouf membintangi “Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull” serta franchise “Transformers”). Dan ada adegan lain yang dimaksudkan untuk mewakili acara yang mirip dengan “Even Stevens,” serial Disney Channel yang memberi LaBeouf langkah awal.

“Aku hanya bersyukur,” kata LaBeouf kepada audiensi perdana di Park City, Utah. “Merupakan berkah untuk dapat menunjukkannya kepada Anda. Dan terima kasih sudah datang. “

Baca juga: Shia LaBeouf akan jadi ayahnya sendiri di film terbaru

Baca juga: Shia LaBeouf minta maaf

Baca juga: Shia LaBeouf didakwa lakukan penyerangan dalam protes anti-Trump

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tags: , , , , , , , ,