“Green Book” sabet PGA Awards, digadang-gadang menang Oscar

“Green Book” sabet PGA Awards, digadang-gadang menang Oscar

Jakarta (ANTARA News) – Film “Greenbook” menyabet penghargaan Producers Guild Awards (PGA) 2019 sebagai Film Terbaik. The New York Times bahkan menyebutnya berpotensi menang Oscar.

Hanya dua kali PGA meleset meramalkan pemenang Oscar, tahun 2017 saat “La La Land” menang PGA tapi “Moonlight” yang menyabet Oscar dan tahun 2016 saat para produser menganugerahkan film terbaik pada “The Big Short” tapi Oscar diraih “Spotlight”.

Kemenangan film komedi rasis “Green Book” mengalahkan film-film berat yang bersaing di Golden Globe Awards 2019 untuk Film Drama Terbaik seperti “A Star Is Born” dan “Roma” mengejutkan banyak orang termasuk sang sutradara, Peter Farrelly dengan film hits sebelumnya yaitu “Dumb and Dumber”.

Di Golden Globe “Green Book” menjadi Film Musikal/ Komedi Terbaik.

“Ini pertama kalinya saya di PGA Awards, dan pertama kali saya pernah mendengar tentang PGA Awards,” canda Farrelly selama pidato penerimaannya.

“Green Book” berkisah persahabatan pianis keturunan Afrika-Amerika Don Shirley (Mahershala Ali) dengan sopir pribadinya, yang merupakan kulit putih asal Italia Tony Vallelonga (Viggo Mortensen).

Film itu juga menjadi ajang untuk akting Viggo Mortensen serta sutradara Peter Farrelly.

Baru-baru ini, Farrelly dikecam karena kebiasaannya bercanda memamerkan alat kelaminnya kepada para kolega, sementara penulis Nick Vallelonga menghapus akun Twitter-nya setelah detektif internet menemukan tweet anti-Muslim yang dibuatnya di 2015.

Sedangkan Ali yang digadang-gadang memenangkan Oscar sebagai aktor pendukung bulan depan, merupakan seorang Muslim.

Namun, lintasan musim penghargaan film itu mengisyaratkan film ini berhasil melewati kontroversi ini tanpa cedera.

Akademi telah bersusah payah beberapa tahun terakhir ini untuk mendiversifikasi keanggotaannya, tetapi dalam satu tahun ketika banyak pembuat film berwarna menceritakan kisah-kisah terkenal seperti “Black Panther,” “If Beale Street Could Talk,” “BlacKklansman” dan “Crazy Rich Asian,” dan “Green Book” – film isu rasial yang ditulis dan disutradarai oleh orang kulit putih – yang terbukti menjadi pemenang utama.

“Saya tidak membutuhkan penghargaan,” kata Farrelly menjelang akhir pidato penerimaan PGA-nya. “Penghargaan ini, bagiku, seperti Warren Buffett yang memenangkan lotere.”

Baca juga: Daftar lengkap pemenang Golden Globes 2019

Penerjemah: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tags: , , , , , , , ,