Tony Mendez, agen CIA di film “Argo” meninggal dunia

Tony Mendez, agen CIA di film “Argo” meninggal dunia

Jakarta (ANTARA News) – Mantan agen CIA Tony Mendez yang berhasil menyelamatkan enam diplomat Amerika Serikat dari Iran dan karakternya diperankan oleh Ben Affleck dalam film yang berhasil menyabet piala Academy Award, “Argo”, meninggal dunia di usia 78.

Agen buku Mendez Christy Fletche mengumumkan kabar duka itu Sabtu (19/1) lewat Twitter, demikian dilaporkan Variety, dikutip Minggu.

“Pagi ini, Antonio (Tony) J. Mendez akhirnya meninggal dunia karena sakit Parkinson yang sudah dideritanya sejak 10 tahun lalu. Dia dikelilingi cinta dari keluarganya dan akan sangat dirindukan. Hal terakhir yang dia dan istrinya Joanna Mendez lakukan adalah menyerahkan bukunya pada penerbit dan meninggal dalam keadaan puas karena sudah selesai menulis kisahnya.”

Mendez akan dikebumikan dalam sebuah pemakaman tertutup di makam keluarga di Nevada.

Dilahirkan pada 15 November 1940, Mendez memulai karirnya sebagai seniman setelah belajar seni di University of Colorado. Dia dipekerjakan oleh CIA setelah dia melamar pada sebuah iklan buta untuk seorang seniman grafis pada tahun 1965 dan menjadi seorang seniman spionase untuk divisi layanan teknis.

Setelah bekerja di Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Asia Selatan, Mendez dikirim ke Iran untuk mengelola apa yang dikenal sebagai “Canadian Caper,” di mana ia menciptakan rencana untuk meloloskan enam diplomat Amerika dengan cara disamarkan sebagai kru film asal Kanada untuk mengeluarkan mereka dari Iran.

Mendez menghasilkan tiga memoar, termasuk “Master of Disguise: My Secret Life in the CIA”; “Spy Dust: Dua Ahli Penyamaran Mengungkapkan Alat dan Operasi yang Membantu Memenangkan Perang Dingin” bersama istrinya Jonna, yang adalah veteran 27 tahun CIA; dan “Argo: Bagaimana CIA dan Hollywood Melakukan Penyelamatan Yang Paling Berani dalam Sejarah,” yang menjadi dasar “Argo”.

“Argo,” adalah film adaptasi yang disutradarai oleh Ben Affleck, memenangkan tiga Oscar di Academy Awards 2013, termasuk untuk kategori film terbaik, skenario film terbaik, dan pengeditan film terbaik.

Film itu dinominasikan untuk empat kategori lagi, termasuk kinerja terbaik oleh seorang aktor dalam peran pendukung untuk Alan Arkin, skor asli terbaik, pencampuran suara terbaik, dan pengeditan suara terbaik. Film itu juga memenangkan Affleck sebagai sutradara terbaik Golden Globe dan film terbaik – drama Golden Globe.

Baca juga: “Argo” film terbaik Oscar

Penerjemah: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tags: , , , , , , , ,